Jumat, 24 Mei 2013

Pengenalan Batik Lampung



MENGENAL KAIN LAMPUNG

Dalam keanekaragaman kebudayaan Indonesia terdapat satu bentuk benda budaya yang disebut "KAIN KHAS LAMPUNG" yang terdiri dari : KAIN TAPIS, BIDAK, SEBAGE, TEPPAL, SELEKAP, CINDAI, PELEPPAI dan NAMPAN yang merupakan hasil musyawarah Marga-Marga di Lampung.

Salah satu Kain Khas Lampung yang juga merupakan barang peniggalan Budaya Lampung dan mempunyai ciri khas tersendiri yang perlu dilestarikan adalah KAIN SEBAGE. Kain Sebage mempunyai beberapa corak dan penggunaannya disesuaikan dengan tingkatan golongan masyarakat atau adat. Bukan saja kaya corak dan warna, tetapi mengandung makna simbolis yang menyiratkan nilai Budaya Lampung.

Perkembangan Batik pada setiap daerah di Indonesia, mendorong Propinsi Lampung untuk memiliki identitas Batik sendiri, maka pada tanggal 6 Maret 1999 merupakan tonggak pengenalan dan sekaligus pemakaian Batik Khas Lampung yang dikenal dengan KAIN SEBAGE yang digelar bersamaan PEKAN SENI BUDAYA LAMPUNG Ke-XIV, yang diresmikan oleh Gubernur saat itu, yaitu Bp. Drs.Oemarsono.

Kalau dilihat dari sejarahnya Kain khas Lampung (Kain Sebage) terdiri dari 12 motif/corak, yaitu Sebage SEKEBAR, SEPENDENDUM, BELANDO, SULUH, KEMBANG MATAHARI, KEMBANG CINOU, KEMBANG MELUR, KEMBANG GUGUR, KEBANG KACO PIRING, KEMBANG GEDIAN, KEMBANG TELENG dan KEMBANG KAWENG.

BATIK KHAS LAMPUNG.

Perkembangan batik di Indonesia pada abad ke-20 sangat pesat sekali, hal ini juga mempengaruhi perkembangan batik di Lampung. Banyak sekali bermunculan corak-corak batik khas lampung, tetapi kurang memuat unsur atau ornamen yang ada di Kain Sebage. Ornamen batik khas Lampung banyak memuat ornamen ragam hias Budaya Lampung, yang didalamnya terdapat juga lambang-lambang daerah seperti Menara Siger dan sebagainya.

BATIK GABOVIRA yang merupakan salah satu perajin/pelaku usaha batik dan sekaligus desainer batik khas Lampung, dimasa mendatang akan melakukan modifikasi motif batik khas Lampung dengan menggabungkan ornamen Kain Sebage dengan ragam hias Budaya Lampung yang juga didalamnya memuat simbol-simbol daerah yang ada di Propinsi Lampung. Hal ini kami lakukan agar Propinsi Lampung tidak ketinggalan dengan Propinsi-Propinsi lainnya di Indonesia khususnya corak-corak batik exclusive dan modern.



0 komentar:

Posting Komentar